top of page

SpaceX Luncurkan Komputer Terkuat ke Stasiun Antariksa | Kontak Perkasa Futures


Kontak Perkasa Futures | Sebuah roket SpaceX membawa salah satu muatan paling canggih yang pernah dibawa ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Ketika roket Falcon 9 meluncur pada hari Senin, 14 Agustus 2017, salah satu muatannya adalah superkomputer yang dibangun oleh Hewlett Packard Enterprise (HPE), dijuluki "Spaceborne Computer". Komputer ini adalah komputer komersial paling kuat yang pernah beroperasi di antariksa. Superkomputer adalah perangkat keras yang dapat mengolah sejumlah besar data dan mengirimkan hasilnya ke komputer lain dalam beberapa saat. Menurut Mark Fernandez, insinyur HPE yang mengepalai penelitian baru ini, superkomputer itu akan memiliki kemampuan untuk membuat satu triliun kalkulasi dalam satu detik, sekitar 30 sampai 100 kali lebih kuat daripada komputer desktop rata-rata.


BACA : 5 Terduga Teroris di Bandung Bidik Istana Negara dan Mako Brimob Julie Robinson, ilmuwan kepala untuk program stasiun antariksa NASA, mengatakan superkomputer ini dapat beroperasi dalam kondisi antariksa yang ganas, yang akan menjadi berita yang sangat menarik bagi perusahaan di bumi.


Robinson menunjukkan bahwa ada minat yang besar dari sektor swasta untuk mengambil gambar satelit berkualitas tinggi dari bumi untuk melacak hal-hal seperti pertumbuhan tanaman atau eksplorasi minyak. "Apa yang terjadi adalah - seperti TV Anda sekarang memiliki resolusi jauh lebih banyak - hal yang sama terjadi dengan [citra satelit]," katanya. Tapi gambar definisi tinggi (HD) membutuhkan 200 sampai 300 kali lebih banyak data, yang dapat menyumbat pipa komunikasi antara bumi dan antariksa. "Di situlah superkomputer di stasiun antariksa akan menjadi sangat berharga," ujar Robinson kepada CNNMoney. "Jika Anda dapat memproses data di stasiun antariksa, maka Anda hanya perlu mengirim sebagian data yang benar-benar diperlukan," katanya. Superkomputer HPE ini seperti yang ada di bumi. Fernandez mengatakan satu-satunya hal yang berbeda adalah perangkat lunak khusus untuk mendeteksi ketika komputer terkena sesuatu yang berbahaya di antariksa - seperti tingkat radiasi tinggi - dan membuat penyesuaian kecil untuk tetap aman.



bottom of page