top of page

Hasil Riset: Inilah Karyawan yang Kerap Berbohong | PT Kontak Perkasa



PT Kontak Perkasa | Hasil riset terbaru yang dikeluarkan lembaga riset swasta Comparably menyebutkan hanya sebagian kecil bawahan yang berbohong kepada atasannya, terutama sektor teknologi. Jumlah ini terungkap dari survei yang dikirimkan melalui surat elektronik kepada 46 ribu pegawai, baik perusahaan swasta maupun publik.

Survei tersebut kemudian dianalisis. Dari variabel faktor kelahiran, 80 persen karyawan yang berumur di atas 36 tahun tidak pernah berbohong kepada atasannya atau minimal sekali selama bekerja. Sedangkan karyawan berumur 18-36 tahun yang berbohong kepada atasannya ada sekitar 65 persen. Artinya, generasi milenial atau juga kerap disebut iGen (lahir di atas 1990), lebih banyak berbohong ketimbang karyawan yang lebih tua dari mereka. Baca: SDM: Stok elpiji cukup untuk 14 hari ke depan

Survei ini juga melihat variabel lain, yakni berapa kali karyawan tersebut berbohong. Sebanyak 71 persen pegawai menyatakan berbohong kepada atasannya adalah hal yang tidak pernah ingin mereka lakukan. Sisanya, sekitar 29 persen, menyatakan kerap berbohong kepada atasan mereka. Berbohong dalam konteks survei ini ialah berbohong yang dilakukan sekali, satu kali setiap kuartal, satu kali dalam sebulan, dan satu kali dalam sepekan. Periode yang disebut terakhir hanya dilakukan oleh empat persen bawahan. Ada juga sekitar lima persen karyawan yang berbohong kepada atasan tiap sebulan sekali. Sedangkan karyawan yang berbohong hanya sekali selama satu kuartal atau tidak pernah berbohong hanya berkisar 10 persen.


bottom of page