top of page

Pakai OBU, bayar tol tak harus berhenti dan buka kaca jendela


PT Kontak Perkasa | PT Jasa Marga bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia melakukan uji coba sistem pembayaran tol non tunai tanpa harus membuka kaca kendaraan. Sistem ini dinamakan JM Access OBU.


Sistem ini dikatakan satu tahap lebih baik dari sistem pembayaran tol non tunai dengan menggunakan kartu e-toll. Sebab, pengendara yang menggunakan JM Access OBU ini tidak perlu melakukan tapping atau menempelkan kartu seperti dengan menggunakan kartu e-toll.


Ketika mobil mendekati gerbang tol, maka alat transponder yang telah dipasang di kaca depan kendaraan akan dideteksi oleh transreciever yang telah dipasang di gerbang tol dan dengan demikian pintu tol otomatis terbuka dan pengendara dapat melanjutkan perjalanan tanpa harus berhenti.


"Jadi bisa ya kalau pakai uang e-money itu kan bisa 4 detik (berhenti untuk tapping). Kalau dengan ini bisa lebih kalau sudah rilis seperti kita jalan biasa," ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Herry T. Zuna di Jakarta Utara, Jumat (15/9).


BACA JUGA :


Karena itu, sistem pembayaran JM Access OBU ini sangat membantu untuk mengurangi kemacetan yang kerap kali terjadi di gerbang tol. "(Saat ini) Kita fokuskan di e-money. Kita coba ujung-ujungnya kita beri kemudahan kepada pengguna supaya kemacetan dapat kita hindari," kata dia.


Direktur Operasi I PT Jasa Marga, Mohammad Sofyan mengatakan dalam tahap uji coba, JM Access OBU ini masih digunakan secara terbatas, yaitu 17 bus yang dimiliki PT Damri yang melayani rute Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Gambir.


"Secara terbatas hanya untuk bus Damri dulu terus kami evaluasi, dapat masukan dari teman, solusi bisnisnya bagaimana untuk kita lakukan lebih baik," ujarnya.


bottom of page