top of page

63 Persen masyarakat RI raup untung hingga Rp 5 juta lewat barang bekas


PT Kontak Perkasa Futures | Banyak masyarakat Indonesia yang kini melakukan penjualan dan pembelian di pasar preloved, namun sebagian besar dari mereka masih belum menyadari adanya harta tersembunyi berupa benda yang tidak terpakai atau kurang dimanfaatkan di rumah mereka.


Survei Carousell, mobile classifieds marketplace mengungkapkan sebanyak 82 persen masih menyimpan setidaknya 29 barang yang tidak terpakai di rumah. Di mana 63 persen di antaranya mendapat menghasilkan hingga Rp 5 juta apabila menjual semua barang tersebut.


Jumlah tersebut sebanding dengan negara seperti Singapura, sebanyak 70 persen dapat menghasilkan hingga SGD 500 atau sebesar Rp 4,9 juta.


Associate Country Manager Carousell Indonesia, Olivia Lautner menilai lebih dari 75 persen masyarakat Indonesia memilih menghasilkan uang tambahan melalui penjualan barang bekas (preloved).


sedangkan 70 persen masyarakat memilih untuk menabung hasil penjualan, lebih dari 67 persen masyarakat memilih untuk berbelanja, dan lebih dari 40 persen masyarakat menggunakan uangnya untuk berlibur.


"Nilai pada barang-barang yang tidak terpakai bisa sangat signifikan. Menurut data internal Carousell, pengguna Carousell bisa menghasilkan rata-rata Rp 7,7 juta dengan menjual barang-barang yang tidak terpakai, di mana jumlah ini bisa digunakan untuk membeli tiket perjalanan liburan impian ke Jepang atau Korea. Hal Ini mencerminkan penjualan preloved bisa menjadi tiket yang menjanjikan untuk memenuhi impian mereka," kata Olivia melalui keterangan resminya, Senin (26/9).


Dia menambahkan, pasar preloved yang berkembang pesat telah menjadi solusi yang lebih terjangkau bagi orang Indonesia untuk mengikuti tren terkini.


Ketika membeli barang preloved, keinginan untuk menemukan produk langka atau barang unik menjadi motivasi utama bagi 75 persen orang Indonesia. Hal ini diikuti dengan keinginan untuk mendapatkan penawaran menarik.


Elektronik dan gadget muncul sebagai barang terpopuler yang paling diminati kebanyakan orang Indonesia untuk dihidupkan kembali di pasar preloved, diikuti oleh fashion dan barang bermerek.


Merek fashion paling populer di Carousell adalah Zara, Stradivarius, dan H&M. Sedangkan merek elektronik yang paling banyak dicari adalah Samsung dan iPhone.


bottom of page